Sabtu, Juni 14, 2008

Mengapa Tubuh Butuh Suplemen?

Pentingnya Nutrisi

Nutrisi, serat, dan air adalah unsuryang penting bagi kesehatan. Biasanya didapat melalui makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Ketiganya harus berfungsi efektif untuk menjaga kelancaran fungsi metabolisme tubuh. Kalau tidak tubuh akan mengalami malnutrisi, yaitu kondisi dimana kebutuhan tubuh dan asupan zat gizi esensial tidak seimbang.

Nutrisi makanan yang kita konsumsi akan diserap oleh tubuh malalui system pencernaan, lalu diolah menjadi zat pembangun yang berfungsi untuk memelihara dan memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk menyediakan cadangan energi. Umumnya nutrisi terbagi menjadi dua, yaitu makronutrisi dan mikronutrisi.

Beberapa Nutrisi tidak dihasilkan tubuh

Melalui pola makan sehat, cukup olahraga, istirahat dan tidur, seharusnya kebutuhan gizi tercukupi. Sayangnya, tak semua orang menjalankan pola hidup yang sehat. Dengan alas an kesibukan, menu praktis yang mudah didapat dengan kandungan gizi tak seimbang pun menjadi pilihan.

Stres yang berkepanjangan dan tidak segera diatasi akan menghilangkan selera makan. Sering terganggunya pola makan, kebutuhan zat gizipun ikut berkurang. Dalam kondisi seperti ini suplemen makanan sangat diperlukan.

Ada beberapa nutrisi yang tak bisa dihasilkan tubuh. Misalnya tubuh hanya mampu memproduksi sendiri vitamin D dan K, sedangkan vitamin yang lain harus diambil dari makanan atau tambahan vitamin. Untuk beberapa orang yang mengidap penyakit tertentu, seperti anemia, diwajibkan mengonsumsi suplemen.

Bukan makanan pengganti

Sangat mudah menemukan suplemen makanan di pasaran. Ada yang berbentuk kapsul,kapsul lunak, tablet, bubuk, atau cairan yang fungsinya sebagai pelengkap kekurangan zat gizi yang dibutuhkan untuk menjaga vitalitas tubuh tetap prima. Tapi ingat, suplemen fungsinya adalah sebagai pelengkap, bukan makanan pengganti.

Yang jelas, jangan sembarangan memilih suplemen. Pilih yang terbuat dari bahan-bahan alami tampa tambahan zat-zat kimia. Lihat kandungan gizi yang tercantum dalam kemasan. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter karena penggunaan yang tidak tepat dikhawatirkan menyebabkan gangguan penyerapan obat-obatan tertentu dan gangguan lainnya.



Makronutrisi

Diantaranya karbohidrat, protein dan lemak. Berfungsi untuk mambantu memecah karbohidrat dan lemak, yang akan menghasilkan energi bagi tubuh, serta membantu penyerapan protein, yang merupakan unsur pembangun sel yang berperan penting dalam pertumbuhan sel dan perbaikan sel-sel yang rusak.

Mikronutrisi

Yaitu vitamin dan mineral yang berperan penting dalam menyediakan energi. Vitamin merupakan unsur organik yang mengaktifkan enzim, dan protein akan berperan sebagai katalis untuk mempercepat reaksi biologi yang terjadi dalam tubuh.

Mineral adalah unsur anorganik yang masuk ke rantai makanan melalui tanah. Bisa didapat dari tumbuhan yang kaya mineral atau dari hewan yang makan tumbuhan tersebut

Tidak ada komentar: