Sabtu, Juni 07, 2008

Nikmatnya Hidup Tanpa Stres

Jangan abaikan stress. Stres tak hanya menghilangkan mood anda, tapi juga awal dari berkembangnya beberapa penyakit berbahaya.

Waspadai Stres
Jangan anggap sepele masalah stress। Dari data statistic The US Centre for Disease Control and Prevention, diketahui bahwa 75% dari masalah kesehatan berhubungan dengan stress yang dialami oleh seseorang. Bahkan stres bisa menjadi penyebab beberapa penyakit yang berbahaya seperti darah tinggi atau jantung koroner. Apa sih gejalanya kalau kita terkena stress? Biasanya ditandai dengan sering panic, sulit tidur, cemas dan mudah marah.

Menanggulangi Stres
Mengobati stress memang tidak sepenuhnya menyembuhkan penyakit tetapi dapat membantu mengurangi gejalanya।Banyak gejala strres bersifat ringan dan mudah ditangani sendiri, meskipun bantuan professional seperti psikolog atau psikiater sebaiknya diberikan kepada penderita problem stress berat.;

Beberapa Cara mengatasi Stres :

Menarik napas dalam dalam

Tarik napas perlahan-lahan, keluarkan sambil menghitung sampai sepuluh।Kembangkan bagian sekitar perut anda, pertahankan posisi dada. Lakukan 5-10kali setiap hari.

Relaksasi Otot
Regangkan otot anda semaksimal mungkin sambil bernapas perlahan-lahanseperti poin 1. Kembali ke posisi rilek dan ulangi sebanyak 5 kali
MeditasiUtamakan tehnik meditasi yang berfokus pada pengaturan pernapasan karena teknik ini berfungsi mengurangi stres।

Terapi Pijat
Pijat Siatsu, Swedia atau refleksi yang dilakukan sesudah relaksasi। Pijat tradisional Indonesia juga membantu tubuh lebih rileks dan pikiran lebih tenang.

Konsumsi Suplemen
Suplemen yang tepat seperti Vitamin B kompleks, kalsium dan Magnesium, juga membantu relaksasi otot dan penting untuk kesehatan sistem saraf. Jangan lupa bahwa konsumsi Herbal seperti passionflower juga baik untuk kesehatan mental anda.

Tidak ada komentar: