Sabtu, Juni 28, 2008

Teh Hijau Sebagai Pencegah Kanker

Teh hijau tidak hanya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, namum juga memiliki kandungan lain yang besar manfaatnya bagi kesehatan anda.

Apa Beda Teh Hijau dengan Teh Hitam ?

Teh hijau atau green tea dihasilkan dari daun teh pucuk 1-2 yang diolah tanpa melalui proses fermentasi atau tanpa proses pemanasan / oksidasi sehingga dapat diperoleh kandungan bahan aktif polyphenol yang optimal terutama terhadap kandungan catechinnya baik itu ECG ( Epicatechin gallate ) atau EGCG ( Epigallo catechin gallate ).
Kedua kandungan inilah yang berperan penting sebagai anti oksidan, anti kanker, anti kolesterol, kardioprotector, peningkatan endurance, anti aging properties, dan masih banyak lagi. Sedangkan black tea adalah teh yang tidak diambildari pucuk daun dan mengalami fermentasi sehingga kandungan catechinnya tidak optimal, maksimal 30 – 40% dari green tea. Berdasarkan hasil penelitian tidak ada bukti yang nyata bahwa black tea bias menurunkan kolesterol. Bila ada itu sangatlah individual tidak bisa disamaratakan karena memang tidak terbukti secara ilmiah.

Kadar anti oksidan pada green tea sangat tinggi bila dibandingkan dengan vitamin-vitamin lain ; 40 – 100 kali lebih potensial. Tetapi bukan karena antioksidan yang tinggi maka ia bisa mengobati kanker. Anti oksidan berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit degeneratif termasuk kanker, jantung, stroke dan lainnya. Kandungan EGCG dalam green tea berfungsi untuk menghambat kerja enzim DHFR ( dihydrofolate reductase ). Enzim ini bila berlebihan akan menyebabkan replikasi DNA dan pertumbuhan sel menjadi tidak terkontrol sehingga akan menimbulkan kanker. Untuk mendapatkan potensi EGCG mengikat enzim tersebut, dibutuhkan dosis yang tinggi dari green tea . tergantung dari tingkat keparahan dari penyakitnya. Semakin ganas dan parah kankernya maka dosis EGCG harus lebih tinggi, bias sampai 10 – 20 kali lebih tinggi dari dosis maintenance.

Sumber : dari berbagai sumber

Tidak ada komentar: