Selasa, Juni 24, 2008

PROSTAT

Kelenjar prostate adalah organ tubuh pria yang paling sering mengalami pembesaran, baik jinak maupun ganas. Pembesaran Prostat Jinak (PPJ) merupakan penyakit tersering kedua yang ditemui di klinik urologi di Indonesia, setelah batu pada saluran kemih.

Penderita pembesaran prostate di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya. Beberapa teori menyebutkan bahwa pembesaran prostate jinak ini dipicu factor histology, hormone, dan pertambahan usia.

Statistik menunjukan 50% dari pria yang berumur lebih dari 50 tahun mengalami pembesaran prostat jinak, dimana bila tidak terdeteksi akan mengakibatkan kanker prostat yang tercatat sebagai salah satu dari 10 penyakit terganas pada pria di Indonesia.

Gejala dan tanda-tanda kanker prostat tidak spesifik, pada umumnya menyerupai gejala dan tanda-tanda pembesaran prostat jinak, sehingga sering menyebabkan kelambatan diagnosis.

Jika keluhan pada prostat bisa diketahui secara dinidan segera mendapatkan pengobatan yang tepat, tentu angka bebas progresinya lebih besar dan biaya yang dikeluarkan lebih kecil.

Gejala Pembesaran Prostat

Berikut ini gejala-gejala yang perlu anda waspadai :

1 Sering buang air kecil, tidak bisa ditahan.
2 Sering terbangun pada malam hari karena ingin buang air kecil.
3 Kesulitan pada saat buang air kecil.
4 Aliran air seni lemah dan tersendat sendat. Rasa tidak puas setelah buang air kecil.

sumber : dari berbagai sumber

Tidak ada komentar: